Fakta Pekerja Tambang Di Indonesia, Ada yang Jadi Bang Toyib

Pertambangan sendiri adalah sebuah sektor yang dimana industri yang akan banyak menjadi profesi yang biasanya akan diidam-idamkan oleh lulusan ataupun juga yang baru maupun profesional. Namun, ternyata tak banyak yang tahu mengenai beberapa fakta-fakta menarik yang dimana hal ini sendiri menjadi sesuatu yang ada dibalik menjadi pekerja tambang mulai dari seperti Bang Toyib hingga dimana susah mencari jaringan internet. Mungkin pekerjaan tambang sendiri menjadi sebuah pekerjaan yang dimana menjadi salah satu incaran dikarenakan bayaran atau upah yang biasanya didapatkan akan sangat besar. 

Fakta Pekerja Tambang Di Indonesia

Namun bekerja di tambah artinya adalah bekerja jauh dari rumah, yang dimana banyak hal yang bisa terjadi di tempat tambah. Dari gaji dan juga bayarannya yang besar ternyata ada beberapa fakta yang juga dirasakan oleh para pekerja tambang. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa fakta tentang pekerjaan tambang sebagai berikut. 

Bang Toyib

Fakta pertama yang terdapat dari para pekerja tambang yang pertama adalah Bang Toyib. Pekerja tambang sendiri biasanya sebuah pekerja yang dimana dirinya kerap kali disapa dengan sebutan Bang Toyib sebuah itu dikarenakan jika para pekerja tamabang sendiri meurpakan orang yang jarang pulang dan juga bertemu keluarga. Dimana bekerja di tambang biasanya harus siap jauh dan juga berpisah dari keluarga biasanya hal ini akan dilakukan dengan waktu yang cukup lama dan biasanya akan tergantung dari lamanya intensitas dari tambang tersebut. Terkadang pekerja tamabang yang jarang pulang , atau hanya dalam beberapa waktu akan disebut dengan nama bang toyib. Banyak sekali para pekerja tambang yang biasanya akan pulang dengan kurun waktu yang sangat lama, bahkan ada beberapa anak mereka yang tidak mengenali mereka. 

Sebagian besar pekerja tambang adalah lelaki

Biasanya yang menjadi seorang yang bekerja tambang biasanya akan lebih dominan mereka akan dilakukan oleh laki-laki. Yang mana tak jarang hal tersebut jika dilakukan oleh perempuan menjadi agak wah. Di karnakan poekerja tamabang sendiri umumnya mengimbangi kemampuan dari laki-laki. Namun sekarang ini di beberapa fakultas yang dimana dengan jurusan yang berkaitan pertmabangan juga sekarang menjadi daya tarik tersendiri untuk para wanita dan juga tak jarang wanita sekarang menjadi seorang pekerja tambang. 

Pekerja tambang dengan gaji tertinggi di Indonesia

Tentunya sama halnya seperti yang sudah dijelaskan pada di awal yang dimana pekerjaan tambang biasanya akan identik dengan gaji yang besar dan juga akan disertai dengan resiko yang juga besar. Gaji pertamabang sendirimemang menjadi sebuah alasan utama yang biasanya menjadi alasan utama yang kebanyakan dilakukan para pekerja tambang yang ada di dalam sektor ini. Jokowi sendiri di dalam acara IMA Award 2019 yang dimakan mengatakan, bahwa banyak orang  kaya yang ada di dunia ini bahkan di indonesia sendiri merupakan yang berkea atau pelaku usaha dalam sebuah sektor pertambangan.

Dia pun dimana menyebutkan bahwa pengusaha tambang yang hadir di acara tersebut merupakan orang kaya. Tentunya hal ini memang bukan sesuatu yang mengherankan, jika dilihat dari negara indonesia sendir yang sangat kaya dengan kekayaan alam terutama dalam sektor tambang. Yang dimana indonesia sendiri mempunyai beberapa perusahan besar yang bergerak di sektor tambang dengan hasil yang sangat fantastis. Sebagai salah satu contohnya adalah Freeport, siapa dari anda yang tidak mengenal perusahaan tambang tersebut yang dimana beberapa sahamnya dipegang oleh asing. 

Semua tanggal di kalender pekerja tambang adalah hitam, tidak ada libur

Pekerja tambang yang dimana mereka semua sudah bekerja dan mereka tidak mengenal tanggal merah yang ada di kalender. Bahkan untuk hari Minggu sendiri biasanya mereka semua tetap bekerja dan juga menjalankan tugas. Hal ini biasanya akan dikerjakan oleh para pekerja tambang di site yang biasanya digunakan dengan sistem roster, yaitu biasanya mereka akan menerapkan beberapa lama waktu kerja dan juga berapa lama nantinya waktu untuk dapat cuti, yang biasanya pada umumnya adalah 8:2 yang dimana dalam hal ini yang artinya adalah 8 minggu kerja dan nantinya mereka akan mendapatkan waktu untuk cuti sebanyak 2 minggu. Yang dimana biasanya dalam pekerja tambang sendiri bisa mendapatkan beberapa jawal untuk melakukan cuti dan juga bekerja. Jadi di beberapa hari besar atau tanggal merah yang biasanya hanya sehari mereka tidak akan pulang. Bahkan ada beberapa pekerja tambang yang umumnya juga tetap bekerja di hari raya besar seperti halnya Idul Fitri. 

Pemimpin Tertinggi di lokasi tambang yaitu KTT

Kepala Teknik Tambang atau biasanya di bilang dengan KTT adalah orang yang menjadi nomor satu di site atau yang berada di daerah tamnang dan biasanya beliau lah yang akan membawahi beberapa bidang/departemen. Selain membawahi dirinya juga biasanya akan bertanggung jawab terhadap pekerjaan tambang yang sedang dilakukan di wilayah tersebut. Dan KTT ini dalam dunia tamabang yang dimana peranya akan sangat penting di dalam dunia tambang.

Mayoritas tambang ada di daerah terpencil

Pembukaan yang biasanya akan berada di sebuah lokasi tambang umumnya biasanya akan ada di daerah terpencil, mulai dari sebuah pembukaan lahan, pembuatan jalan hauling, hingga juga didirikannya bangunan tempat tinggal bagi pekerja tambang. Meski berada di hutan, namun biasanya fasilitas pekerja tambang akan dilengkapi dan juga tidak akan kalah bagusnya dengan orang-orang yang bekerja kantoran yang ada di tengah kota. Biasanya di lokasi temanang ini juga sudah di siapkan fasilitas yang umumnya akan digunakan oleh para pekerja tamabang. Dan juga biasanya fasilitas tersebut juga tidak kalah bagus dengan fasilitas yang ada di daerah perkotaan. 

APD sahabat pekerja tambang

Pekerja tambang yang juga biasanya akan siap dengan seragam lengkap mereka yang dimana hal tersebut biasanya akan menunjukan tentang jati diri mereka. Biasanya para kerja tambang sendiri menggunakan sebuah pakaian yang sangat aman atau biasanya juga disebut dengan nama APD. Mulai dari sebuah Safety helmet, dan juga safety shoes, dan juga safety rompi, dan juga dengan beberapa perlengkapan lainnya. Yang dimana hal ini biasanya akan dilakukan untuk dapat meminimalisir dari semua hal yang nantinya akan terjadi di dalam dunia tambang. Oleh karena itu biasanya para pekerja tambang akan menggunakan pakaian seaman mungkin untuk dapat melindungi diri mereka. 

Itulah dimana yang merupakan beberapa fakta menarik yang umumnya dapat dilihat atau dirasakan pada pekerja Tambang. Dimana gaji mereka yang besar sangat sesuai dengan suatu tanggung jawab dan juga resiko yang mereka ambil. Semoga info di atas berguna, anda juga bisa mengecek beberapa artikel kami yang lainnya. Terimakasih.