Negara – negara penghasil batubara terbesar di dunia

Batu bara merupakan sumber energi yang utama di dunia yang dimana batu bara adalah salah satu bahan bakar fosil, dan yang lebih sederhana lagi batu bara adalah batuan sedimen yang bisa terbakar yang terbentuk dari endapan organic yang dimana batu bara ini sendiri bisa di bilang adalah bahan bakar yang sangat mahal karena memang selain caranya untuk di dapatkan yang susah dan juga batu bara sekarang ini semakin lama semakin sedikit persediaannya.

Batu bara ini sendiri sudah berumur ratusan juta tahun yang dimana batu bara membentuk beberapa benua seperti Australia dan bagian bumi sebelah selatan. Batu bara diguankan untuk sebagai bahan bakar atau bisajuga digunakan untuk pembuatan baja.

Ada banyak sekali negara negara yang menghasilkan batu bara dan anda harus mengetahui negara – negara mana saja yang menghasilkan batu bara terbesar di dunia sekarang ini.

Negara – Negara penghasil batu bara terbesar di dunia

  1. China

China merupakan negara dengan penghasil batu bara yang terkemuka di dunia yang dimana di negara tirai bambu ini banyak menghasilkan batu bara yaitu sekitar 3,6 milliar ton pertahunnya jadi tidak heran jika negara ini adalah negara dengan penyumbang batu bara terbesar di dunia yang dimana china ini sendiri menyumbangkan batu bara sebesar 47% di dunia dan di kabarkan china masih banyak memiliki cadangan untuk batu bara sebanyak 114,5 milliar ton dan memiliki 12.000 pertambangan batu bara di seluruh dunia untuk sekarang ini dan masih terus berkembang.

  1. Amerika Serikat

Amerika juga merupakan  negara dengan penymbang batu bara terbesar di dunia yang menduduki peringkat kedua setelah China dan sebuah situs resmi yang dimana batu bara yang di produksi oleh negara ini sendiri sebesar 922 juta ton untuk selama setahun terakhir dan Amerika Serikat ini sendiri menyumbang batu bara sebesar 13% di dunia.

Selain di kenal sebagai produsen batu bara terbesar kedua di dunia AS juga merupakan negara dengan penggunaan batu bara terbesar kedua di dunia yang dimana batu bara ini sendiri mereka gunakan untuk pembangkit listrik dan juga yang lainnya. AS menjadikan dirinya sebagai negara dengan cadangan batu bara terbesar di dunia untuk sekarang ini.

  1. India

India memproduksi batu bara mencapai 605 juta ton pertahunnya yang dimanajumlah tersebut menjadikan India sebagai negara dengan penghasil batu bara terbesar ketiga setelah AS dan India juga menjadi negara terbesar ke tiga yang megkonsumsi batu bara itu sendiri yang dimana sebanyak 8% dari batu bata di dunia di konsumsi oleh India dan India di sebut sebut memiliki cadangan batu bara sebesar 60,6 miliiar ton yang dimana hal tersebut merupakan setengah dari cadangan negara China, yang dimana sebagian besar cadangannya berada di negara bagian timur.

  1. Australia

Australia memiliki produksi batu barasekitar 413 juta ton pertahunnya yang dimana 90% itu di ekspor keluar negeri dan sisanya di pakai untuk kebutuhan dari negara Australia itu sendiri. Xadangan batu bara yang ada di negara ini di perkirakan masih ada sekitar 76 miliiar ton dan Australia memiliki lebih dari 100 tambang yang di kelola oleh swasta.

  1. Indonesia

Indonesia ini sendiri merupakan penghasil batu bara terbesar kelima di dunia yang dimana Indonesia ini memprodukdi lebih dari 386 juta ton setiap tahunnya dan terus meningkat sehingga bisa di perkirakan akan melewati Australia yang sekarang ini berada di peringkat ke empat di dunia. Cadangan dari batu bara di Indonesia ini sendiri memang bisa di bilang kecil di banding dengan negara negara yang lainnya yaitu hanya 5,5 milliar ton.

  1. Russia

Rusia adalah salah satu negara yang memiliki wilayah paling besar di dunia yang dimana pastinya memiliki banyak sumber daya, negara ini memiliki konsumsi akan batu bara yang tinggi tetapi selain dari itu negara ini juga melakukan pengeksporan batu bara yang besar, karena di perkirakan negara ini melakukan pengeksporan baru bara sebesar 134 juta ton yang dimana membuat negara ini menjadi peringkan ke 5 di dunia dengan  penghasil batu bara di dunia menyaingi Indonesia. Meski dengan produksi dan konsumsi yang tinggi negara ini masih mempunyai banyak cadangan  batu bara  yaitu mencapai 157 milliar ton yang dimana menjadikan Russia peringkat kedua dengn cadangan batu bara terbanyak di dunia seakarang ini.

  1. Afrika Selatan

Afrika Selatan adalah negara dengan penghasil batu bara pada peringkat yang ketujuh dan merupakan peringkat ke enam dalam urusan melakukan ekspor batu bara secara global, negara ini menyumbang sekitar 74 milliar ton batu bara ke dunia setiap tahunnya. Selain dengan produksi yang tingi Afrika selatan juga menggunakan batu bara untuk menghasilkan listrik yang dimana 90% listrik dari negara ini menggunakan batu bara dan hingga hari ini negara ini memiliki 30.15 milliar ton untuk cadangan batu bara.

  1. Kazakhtan

Negara ini adalah negara yang menjadikan batu bara sebagai sumber utaa=ma dari negara tersebut karena lebih dari 85% penghasilan negara tersebut dari batu bara dannegara ini menyumbang sekitar 3,8% baru bara di dunia. Negara ini mempunyai cadangan batu bara sebesar 4,5 miliar ton dan di negara ini terdapat 400 pertambangan jadi bisa di bilang sebagian besr penduduk dari negara ini adalah pekerja tambang.

  1. Kolombia

Kolombia merupakan negara dengan cadangan batu bara terbesar di selatan Amerika yang dimana batu bara yang ada di negara ini sangat di minati oleh banyak negara lainnya karena di negara ini batu bara yang di hasilkan memiliki sulfur yang rendah dan hal ini lah yang menyebabkan permintaan akan batu bara dari negara ini terus menikat dengan tajam. Negara ini bisa menghasilkan atau memproduksi batu bara 85,5 juta ton pertahunnya dan trus meninggkat sesuai dengan permintaan yang semakin meningkat akan batu bara dari negara ini.

  1. Ukraina

Negara ini memiliki banyak deposit batu bara, akan tetapi banyak dari cadangan batu bara yang belum bisa di temukan dari negara ini sendiri dan negara ini sangat konsumtif akan batu bara yang dimana menyebabkan negara ini malah melakukan impor batu bara untuk memenuhi kebutuhannya yang di akibatkan dari konflik yang terjadi di negara tersebut dan menghambat proses penambangan di negara tersebut.

Itulah berbagai negara yang menghasilkan batu bara terbesar di dunia dan Indonesia termasuk di dalamnya karena seperti yang kita ketahui sekarang ini ada banyak tambang yang besar di pulau Kalimantan dan juga Papua dan hal tersebut memberikan pendapatan negara yang cukup besar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda sekalian.